Kegiatan BKM MANDIRI Era 2009

HAMID WIJAYAUntuk mewujudkan keberhasilan dari program yang dicanangkan pemerintah melalui PNPM-MP, BKM Mandiri Desa Bago terus mengadakan pembenahan dan pengupayaan pelaksanaan program kegiatan dan kerja sesuai dengan AD-ART-nya. Keberhasilan program pemerintah ini tentunya dimulai dari keberhasilan yang grade-nya dimulai dari level bawah yaitu KSM Panitia, BKM, Faskel, barulah keatas mulai PJOK Kecamatan sampai tingkat atas yaitu Pengendali PNPM Nasional yang dalam hal ini Direktur Penataan Bangunan dan Lingkungan yang kesemuanya tak lain adalan Departemen PU Dirjen Cipta Karya.

Jadi pada intinya keberhasilan program ini adalah keberhasilan berkelanjutan yang diperoleh mulai dari tingkat bawah. Nah untuk itulah BKM Mandiri Desa Bago berupaya ikut serta mensukseskan program ini dengan alasan program ini adalah salah satu program yang langsung mengena dalam kehidupan masyarakat karena tidak semata-mata pemberian bantuan Cuma-Cuma melainkan memiliki tujuan untuk memberdayakan masyarakat. Dengan berdayanya masyarakat maka secara otomatis tercipta bangsa yang mandiri.

Untuk era 2009 ini, BKM Mandiri Desa Bago mulai memasuki termin BLM 2 dimana kegiatannya mulai mengacu pada 3 kegiatan PNPM-MP atau sebelumnya PNPM-P2KP. Nah sejauh ini kegiatan fisik mulai dilaksanakan kegiatan pembangunan, kegiatan sosial mulai berjalan juga sementara untuk kegiatan ekonomi masih dalam tahap persiapan karena terkait dengan kegiatan pinjamn bergulir, jadi perlu strategi yang matang tentunya.

4 KSM beraksi pada awal 2009 ini antara lain KSM Cendana RT 19 yang garapan Taludnya sudah beres hanya finisingnya saja. Perlu diketahui pembangunan ini dilaksanakan di RT 18 dengan alasan unsurnya kemendesakan jadi RT 19 kegiatannya dilimpahkan ke RT 18.

Yang jelas cinta damai lah….!! Sementara RT 08 dan RT 02 ada garapan Talud dan Tempat Pembungan Sampah ( TPS ) terakhir yang belum digarap yaitu TPS RT 06 yang notabene terkenal dengan wilayah Krajan. Walau bagaimanapun pembangunan tetap sesuatu yang digenjot oleh KSM BKM Mandiri, mengingat infastruktur Desa Bago yang masih jauh dari sempurna dalam arti masih banyak infastruktur yang belum dimiliki desa bago seperti Jalan-jalan kerumah penduduk, TPS, Halte, Saluran Air, Talud, dan masih banyak lagi yang lainnya? ( yang jelas bertahap lah……? )

Disela-sela kegiatan pembangunan berlangsung, Anggota

BKM Mandiri-pun sibuk untuk persiapan kegiatan berikutnya terkait dengan kegiatan Sosial dan Ekonomi. Untuk kegiatan Sosial yang pertama berupa Posyandu dengan tujuan ikut serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya posyandu. Kegiatan ini direncanakan untuk periode 6 bulan kedepan terhitung mulai Maret hingga Agustus 2009.

Sementara untuk kegiatan usaha produktif BKM Mandiri merencakan mengadakan kegiatan usaha Percetakan Multi berupa Sablon Digital berbagai keperluan seperti Kaos, Piring, Mangkok, Topi dll. Bahkan bukan itu saja namun direncakan percetakan yang didalamnya melayani Dekorasi Panggung, Manten, dll, Papan kegiatan proyek dll serta berbagai biro jasa. Nahhh…kegiatan ekonominya gimana dong ?

Untuk kegiatan ekonomi BKM Mandiri melalui UPK sedang mempersiapkan segala sesuatunya termasuk strategi khusus untuk melancarkan program pinjaman bergulir ini. Jadi pada intinmya BKM Mandiri sudah berupaya semaksimal mungkin untuk berpartisipasi mensukseskan program PNPM-MP ini. Yaaaa….. semoga saja semua berbagai rintisan ini dapat berjalan lancar serta mendapat ridlo dari Tuhan Yang Maha Esa, Amien?

By : H4N1S

1 komentar:

Deddy Wijaya mengatakan...
8 Juni 2009 pukul 07.07  

Mas Erwan mak rok norok jih,,,,

Posting Komentar