Proyek Lancar, RT XI Tasyakuran !

pnpm mandiriSetiap manusia didunia tentunya mempunyai sekian harapan yang ingin digapai. Begitu pula dengan masyarakat Desa Bago di kawasan RT XI Dusun Kerep. Sejak lama, mereka mempunyai ekspektasi tinggi terhadap pemerintah (desa hingga pusat) untuk peduli dengan daerahnya tersebut.

Ironis memang, jika memperhatikan daerah ini. Terletak di ujung timur Dusun Kerep berbatasan dengan desa tetangga, Gunggungan Lor. Struktur tanahnya agak berbeda dengan daerah lain di Desa Bago, lebih tinggi dan kurang beraturan. Karena itu, dengan ketinggian tanahnya tersebut, konon orang menyebutnya dalam bahasa madura: daerah ‘ketegginah’ (artinya: daerah dataran tinggi).
Selain itu, akses jalan menuju daerah tersebut maupun jalan-jalan disekitar daerah tersebut juga memprihatinkan, berupa jalan tanah dan berkerikil. Dan secara perekonomian juga dibawah rata-rata level perekonomian desa.

Wajar, apabila muncul sebongkah harapan dari masyarakat disana agar ada perbaikan-perbaikan secara signifikan terhadap daerahnya. Adakah yang bisa mewujudkan harapan mereka?

Tentu. Tuhan tidak pernah tidur. Doa mereka akhirnya terkabul, tatkala program pemerintah yang bernama PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri hadir di tengah-tengah kehidupan mereka. Daerah mereka terpilih menjadi salah satu sasaran proyek tersebut.

Proyek PNPM kali ini berupa perbaikan jalan. Harapannya, dengan baiknya jalan tentu akan berpengaruh terhadap mobilitas masyarakat disana. Interaksi antara masyarakat akan lebih mudah terjadi dan berlangsung lebih singkat. Dengan mobilitas yang tinggi, kemudian akan berdampak terhadap dinamika kehidupan, yang pada akhirnya peningkatan kesejahteraan masyarakat akan tercapai lebih cepat.

Warga Desa BagoKini, masyarakat RT XI sudah bisa menikmati jalan yang telah dijelma menjadi rabat beton, lebih rata dan nyaman dilalui daripada jalan sebelumnya yang bergelombang serta berdebu. Walaupun, belum seratus persen jalan disana selesai digarap, tapi setidaknya ada secercah harapan yang telah menjadi kenyataan.

Nah, sehubungan dengan suksesnya program PNPM Mandiri tersebut, maka wajar jika masyarakat disana kemudian mengadakan tasyakuran sebagai wujud syukur bersama. Acara ini diadakan hari Jumat kemarin, tanggal 16 Oktober 2008, pukul 19.00 – selesai, dirumah Pak Zakariya, Ketua RT setempat. Hadir dalam acara tersebut antara lain: jajaran Perangkat Desa Bago, BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) dan tentunya segenap masyarakat RT XI.

Semoga acara ini terus berlanjut untuk mensyukuri kesuksesan-kesuksesan di masa-masa mendatang. Good Luck, RT XI !!!.

By. Echoboyz ( Writer ) & Sudex ( Fotografer )

0 komentar:

Posting Komentar