Lebaran Sebentar Lagi

Tanpa terasa Bulan Suci Ramadhan telah memasuki paruh perjalanan menuju ke-Fitrihan. Beberapa waktu yang kami lalui memang dalam kondisi Busy Time mungkin tingkat untuk Up-date Blog Desa Bago ada sedikit kendala. Namun sukur Alhamdulilah kami bersama sudah mulai kumpul lagi dan beraktifitas lagi walau dalam suatu kondisi Menjalani Ibadah Puasa. Nah kali ini kita simak kegiatan Bulan Ramadhan di Desa Bago,OK?

Marhaban ya Ramadhan……………….!

Yaa berbagai penyambutan dilakukan warga Desa Bago. Memang pada umumnya Ramadhan pertama terasa berat namun aktifitas tetap berjalan seperti biasanya. Yang paling menarik adalah menyambut hari pertama puasa aktifitas Pasar Batu Bago ada perubahan aktifitas jual-beli. Banyak warga desa berbelanja dalam rangka menyiapkan santap sahur pertama. Mayoritas hari pertama pengen makan yang enak-enak gitu?

Ramadhan berjalan aktifitas masyarakat tetap eksis juga baik yang berprofesi kantoran ataupun swastawan, taniwan hingga wan wan yang laennya. Intinya Bulan Ramadhan bulan untuk peningkatan ibadah bukan pengurangan aktifitas semata.

Selama bulan Ramadhan sama seperti kegiatan pada umumnya malam hari diisi dengan Taraweh dan Tadarus di Mushollah ataupun mesjid yang ada di Desa Bago. Berbagai aktifitas Patrol Sahur nampak memperindah pelaksanaan Santap Sahur dengan upaya membangunkan Ibu Ibu yang senantiasa selalu pantang menyerah untuk bangun terlebih dahulu guna memasak dalam rangka menyiapkan menu santap sahur.

Hal – hal terbaru yang nampak muncul adalah persipan lebaran. Memang sich kalo diitung-itung lebaran masih sekitar 2 minggu lagi, namun aktifitas warga sudah mulai terbaca. Antara lain buat kue-kue lebaran, baju2 baru, sampai tradisi membagi-bagikan makanan baik berupa nasi ataupun kue bagi tetangga terdekat dalam rangka lebaran. Dalam Bahasa Wong Bago ngetrend-nya TELAS KADE” atau ATELAS.

Disamping itu berbagai Amil Zakat Fitrah sudah mulai terbentuk Di Mesjid, Musollah, Sekolah-sekolah bahkan ada juga Amil Zakat yang melalui organisasi sosial seperti Karang Taruna, BKM, ataupun Orsos laennya.

Yang tidak kalah menariknya adalah Tabungan Daging Sapi ? Udah tau belum apa’an tuch ?.................

Yapz…Tabungan Daging Sapi itu adalah suatu aktifitas masyarakat Desa Bago agar seluruh warga bisa bersama-sama merubah menu khusus pas lebaran yaitu Daging Sapi. Memang Mayoritas ketika lebaran hampir seluruh warga Desa lauknya pasti Daging Sapi ya itung2 ganti menu gitu, he2…………………

Masih banyak aktifitas yang terjadi selama Ramadhan dan Lebaran, namun hal ini pastinya tidak mungkin kalo’ kami utarakan semua. Namun sedikit InsyaAllah sudah mewakili keseluruhannya. Akhirnya Kami Mengucapakan Selamat Menunaikan IBadah Puasa, semoga Ibadah kita diterima oleh Allah S.W.T, dan selamat Menyambut lebaran juga tentunya.

By : Wong Bago’s Team

1 komentar:

Software Point of Sales Online Omega POS Cloud mengatakan...
12 Februari 2014 pukul 14.41  

bulan ramadlan sudah hampir lagi gan

Posting Komentar