PNPM action lagi……?

Saudara-saudaraku semua Sebangsa setanah air, Se-propinsi kabupaten, Se-Kecamatan desa dan SE yang lainnya. Kembali kita simak lanjutan kisah PNPM di tahun 2009.

Lumayan lama sich tidak bicara’in masalah PNPM, namun bukan berarti para pekerja sosialnya yang biasa disebut BKM dan Kru2-nya udah pada mlempem semangate melainkan lagi nunggu pencairan dana Bantuan Langsung Masyarakat ( BLM ) untuk periode tahun 2009. Bukan berarti juga kami Vacum selama menunggu namun kami mengisinya dengan kegiatan Evaluasi terhaap kegiatan yang sudah terlaksanakan serta terpenting lagi menyiapkan amunisi untuk berperang melanjutkan perjuangan perjalanan PNPM untuk permberdayaan desa terutama Desa Kami tercinta Desa Bago, Desa yang memang We Love U Full, ha, ha, ha, ha, ha…………………

Bertepatan dengan Bulan Ramadhan, kegiatan awal yang dilaksanakan yaitu kegiatan Fisik. TErdapat kegiatan fisik yang digarap yaitu Pembangunan Jalan Rabat Beton RT/RW 04/01, MCK RT/RW 19/04 dan Plengsengan RT 03/01. DIsamping itu kegiatan social dan ekonomi juga siap Beraksi namun pelaksanaannya ditangguhkan hingga Ramadhan berakhir atau lebih tepatnya selepas Hari Raya Idul Fitrih.

Nach….yang unik adalah pembangunan Jalan Rabat Beton RT 04, Sepanjang 60 meter jalan yang semula Mini Makadam sekarang mulai dapat perubahan konstruksi yaitu dirabat yang semua pekerja, tukang dan kulinya berasal dari RT 04 termasuk Swadaya warga-nya juga donk. Memang lain dari pada yang lain, penggarapan Rabat Beton dilakukan pada malam hari mengingat bulan ramadhan jadi habis taraweh para Pahlawan Swadaya RT 04 beraksi. Kali aja kuwatir tidak kuat kalau siang hari !

Memang pembangunan ini jadi sorotan warga termasuk para pengendara yang melintas jalur Jalan Raya Bago mengingat lokasi yang dibangun dengan Jalur Utama. Taraweh berakhir semua-pun beraksi sebagian menyediakan lampu dan air barulah para Tukang dan Pekerja melanjutkan mulai pengukuran, pemetaan, kesetimbangan, mengolah material barulah pemasangan. Aksi dimulai Jam 20.00 kemudian beberapa jam tepatnya 24.00 isi amunisi dulu yag sudah disiapkan oleh warga berupa Makan Berat ala RT 04, lepas dari itu kembali beraksi dan terakhir tepat jam 03.00 jam santap sahur barulah stop pekerjaan.

Memang pembangunan ini bukan jenis proyek, mengingat dana bantuan yang turun hanya sekian persen dari ukuran proyek. Bayangkan saja hanya dengan dana 2,5 Juta terbentuk jalan sepanjang 55 Meter dengan lebar 2 meter dan tinggi 10 Centi meter. Kira2 karena alasan apakah ini terwujud ? Yapz…..benaar sekali berkat Swadaya Warga-lah pembangunan ini terwujud. Memang inilah tujuan dari PNPM ini yaitu Menuju Masyarakat Mandiri

Masih banyak kegiatan yang menuggu, teruslah berjuang para warga Desaku, Berjuang buat Desa kita menjadi maju. Cemangat………………?


By : BKM’s-Reporter

2 komentar:

Redaksi 1 mengatakan...
28 Juli 2010 pukul 20.36  

salam kenal dari wong kraksaan wahh akhirnya nemu juga webblog yang mengangkat desa sendiri salam kenal dan salam perjuangan

Orenk Kraksaan mengatakan...
11 November 2010 pukul 04.32  

Semoga Kab. Probolinggo terus berkembang

Posting Komentar