Ngabuburit Yuk

Ramadhan adalah Bulan yang memang dinanti – nanti oleh umat islam pada umumnya, tidak terkecuali warga Desa Bago pastinya. Emang sich ketika bulan Ramadhan aktivitas sedikit ada perubahan misale jam kerja sdikit bergeser, aktivitas pasar cenderung pake’ durasi waktu lebih cepat bahkan terkadang pindah tayang, termasuk aktivtas laene. Namun tidak terkecuali juga aktivitas sore warga yang cenderung keliling – keliling dg sepeda ataupun jalan kaki menunggu saat buka puasa tiba yang biasa dinamakan Ngabuburit. Nach kaya’ apa NGabuburit ala Desa Bago ya?

Lepas jam 15.00 arus jalan raya bago udah mulae terlihat kepadatannya baik para pejalan kaki yang serba nyante atau bahkan karena kendaraan baik roda dua taupun empat seliweran. Nah hal ini dikarenakan para warga Desa Bago lagi Ngabuburit yang kadang berkelompok, perorangan, bersepeda, jalan kaki bahkan ada juga yang cuman duduk dipinggir jalan. Ya itung2 mendukung warga yang lagi ngabuburit.

Mayoritas warga berkumpul di tempat-tempat tertentu yang biasanya lumrah digunakan untuk menunggu saat-saat buka puasa alias Bedug Magrib tertabuh. Aktivitas yang dilakukan ketika Ngabuburit biasanya sedikit berbelanja tau sekedar liat-liat baju yang tersedia di Stand-stand sepanjang jalan, beli makanan pembuka dan penutup buka puasa, ada juga yang hanya nongkrong dipinggiran jalan seperti di Counter Ponsel, Sekedar sepeda’an bolak-balik, ada juga yang nongkrong di Jembatan Terpanjang SE-Kab. Proboliggo yaitu Jembatan Pakuniran.

Mayoritas warga Desa yang Ngabuburit adalah Para pemuda ada juga pemudinya donk ditambah lagi Bapak – Bapak Sayang Anak yang juga ikut terjun beraktifitas yang sama dengan warga yang laen. Kalo’ Ibu – Ibunya sich mayoritas g’ada, maklum lah kan tugase masak untuk nyiapin Menu Buka Puasa. Lo Bapak ma anak bisa enak-enakan gitu, he2……….

Ketika saat-saat buka puasa mulai mendekati semisal kurang 5 – 10 Menit semua warga pada nimbrung pulang. NGapaen pulang ya?... Yapz bener cekali untuk Berbuka Puasa jadi bubarnya acara Ngabuburit ini apabila terdengar Bedug Agung gitu. Nach dengan begitu NGabuburit selesai deh namun bisa diulang esok harinya kan? Waduh kaya’e Bedug Agung udah ditabuh tuch, udah ya Ngabuburitnya.......CU

By : WIJAYA

1 komentar:

Peraturan Pemerintah di Kabupaten Probolinggo mengatakan...
12 Februari 2014 pukul 14.39  

ngabuburit

Posting Komentar