Sikon Cuaca Desa Kami Sekarang

Emang udah kodrat alam lo Desa Kami tercinta Desa Bago memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Nah…kali ini desa kami mulai memasuki musim penghujan ? Waduh hampir tiap hari gak kenal siang ataupun malam desa kami selalu diguyur hujan. Bahkan yang menjadi pusat kekhawatiran penduduk desa kami adalah kondisi Sungai Pancar Glagas yang pada saat ini debit airnya sangat tinggi.

Penduduk khawatir debit air ini akan semakin tinggi yang nantinya berpotensi mengakibatkan bencana banjir. Waduuh banjir lagi….banjir lagi…..Capek deh!!!!!!!
Minggu ke-4 bulan januari adalah awal cuaca Desa Bago yang jauh dari keramahan sinar matahari. Beberapa waktu intensitas sinar matahari kurang memanasi desa kami yang muncul cuman mendung….mendung….dan mendung, benere itu memang udah tiap tahun terjadi. Terus kalo situasi pada hujan teyus, gimana aktifitas masyarakatnya ya?

Kondisi cuaca semacam ini membuat aktifitas masyarakat desa kami terhambat. Berbagai aktifitas masyarakat seperti Pemerintahan desa, Pasar, Usaha-usaha kecil menengah dan aktifitas lainnya terhambat namun tetap berjalan tentunya. Hal ini terkait dengan pemikiran tidak beraktifitas maka dapur ga’ ngebul donk? Bahkan yang tidak kalah terhambatnya berbagai proses kegiatan pendidikan seperti TK, SD, SMP bahkan SMA ikut ambil bagian terhambat apalagi Hujan mengguyur desa kami disaat pagi hari.

Sudah pasti siswa, guru dan personel sekolah kesulitan untuk datang kesekolah. Tapi bukan berarti kegiatan yang satu ini tidak berjalan jikala hujan, kegiatan ini tetap berjalan walau tidak seperti biasanya mengingat akan pentingnya kegiatan pendidikan ini jadinya walaupun hujan pendidikan tetap diutamakan. Waduuh gimana yaa……andai terjadi ujan sekolah-sekolah pada libur? Tapi anggak ko’ desa kami udah pakem dengan pepatah Sedia Payung sebelum Hujan bahkan udah terjadi hujan warga kami masih cari payung….jadinya walau basah sedikit tapi-kan LUMAJANG eh lumayan ga’ basah total gitu?

Oya udah dulu ya…ni petir pada ga’sabaran nyambar yaa maklumlah ntar lagi ujane mo turun nih? Moga aja ga’ terjadi apa-apa, kami yaqin ko’ kalo ujan itu adalah rezeki yang diberikan Tuhan. Ayo tetep cemangat warga desaku, jangan takut ujan gitu lho?

By : H4N15

0 komentar:

Posting Komentar